Minggu, 01 Mei 2011

Sharing BerTik (^^) (^^)

Haiiiiii kakak-kakak semuaaaa...
Waduh maap niiih, Berry n Tikkey baru menyapa dan muncul lagi di BerTik Butik punya Berita (BBB Seri_12)

Sedikit bercerita tentang pengalaman selama aku menjalankan bisnis butik kecil-kecilan ini. Sebagai pemula, awalnya aku sangat takut, takut tidak punya waktu untuk menjalaninya, takut baju-baju produksi aku tidak disukai pelanggan, takut uang yang telah kukeluarkan untuk modal membeli kain, ongkos menjahit dsb tidak dapat kembali.

Ketakutan itu terus menghantui aku bahkan hingga saat ini. Namun aku terus melangkah, dengan satu keyakinan bahwa setiap orang yang memulai suatu usaha pasti tidaklah akan langsung berjalan mulus. Bahkan dia harus jatuh dulu sebelum dia bangkit dan terus meningkat meraih sukses.

Saat ini aku belumlah apa-apa.. Pengetahuan tentang batik (sebagai fokus butik aku saat ini), tentang jahit menjahit, tentang promosi dan jualan belumlah seberapa. Hanya menjalankan semuanya berdasarkan apa yang kulihat dan kudengar dari berbagai sumber.

Sedikit sharing mengenai beberapa hal yang aku pelajari selama menjalani bisnis ini selama kurang lebih 4 bulan...
"Ternyata apa yang kupikirkan bagus belum tentu bagus menurut orang lain"
-- aku suka sekali dengan design baju baby doll - potong di atas pinggang, karena terkesan bergaya muda dan menutupi bagian perut bila memiliki perut agak "endut" seperti aku, hehe.. Sehingga baju-baju karya aku selama beberapa waktu tak jauh dari model baby doll walaupun dengan berbagai variasi, seperti kupluk, kerah dsb. Namun beberapa pelanggan ternyata kurang menyukainya, dan ingin model seperti kemeja biasa saja. Atau bagi pelanggan yang menyukainya, lama kelamaan akan bosan dengan model baby doll dan ingin beralih ke model lainnya. Dan aku pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera mereka, karena biar bagaimanapun, mereka adalah pelanggan, yang tanpa mereka, BerTik Butik bukanlah apa-apa... --

"Aku harus memberikan masukan walaupun pelanggan tidak memintanya, sebagai wujud tanggung jawabku kepada mereka... "
-- aku menyadari setiap orang pasti punya sesuatu yang disukai dan tidak disukai. Namun tidak semua orang pede atau yakin dengan apa yang disukainya. Nah di saat itulah, aku harus memberikan masukan apa yang menurutku baik dan cocok untuk mereka. Namun tetap pada akhirnya keputusan harus ada di tangan mereka, karena mereka yang akan mengenakan baju tersebut. --

"Aku harus senantiasa mendengarkan pelanggan.. "
-- Tidak semua pelanggan puas dengan baju yang aku hasilkan. Ada kalanya mereka komplain, misal terlalu besar, kurang rapi dsb. Terkadang aku merasa diribetkan dengan komplain mereka, tapi aku harus selalu siap mendengarkan dan bahkan mengupayakan solusi terbaik atas komplain tersebut. Karena tanpa komplain dari mereka, aku tak akan pernah tau dimana letak kekurangan aku dengan hasil baju-bajuku. --

Masih banyak hal positif lain yang kudapat dari para pelangganku. Mereka tidak hanya pelanggan tapi merupakan inspirator dan motivator bagiku dalam menjalani butik ini.

Oya pada kesempatan ini, BerTik Butik ingin mengucapkan terima kasih atas pelanggan baru BerTik yaitu Lili Nurmalia, Nurma, Indah (semua atas referensi Zia teman kantorku), Evi Susanti, Fonita, Ade, Anom, Asti, Erika, Elen. Semoga kalian puas ya dengan baju BerTik... :)

Okay, sekian dulu ya sahabat BerTik... sampai jumpa di BerTik Butik punya Berita seri selanjutnya....

Ciao Yoo...

B (^^) T (^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar